Tips Biar Persahabatanmu Awet dan Lengket

by - Januari 30, 2020

Sahabat adalah orang yang tahu banyak kekuranganmu dan tetap bersamamu saat orang-orang meninggalkanmu. Pasti kamu sudah sering dengar atau baca meme yang mengatakan kalau persahabatan yang sudah terjalin lebih dari 7 tahun akan langgeng bahkan sampai tua. Pernyataan itu masuk akal juga sih menurutku. Karena 7 tahun itu bukan waktu yang sebentar, satu sama lain pasti sudah tau karakternya, sifatnya, kebaikan dan keburukannya. Ibaratnya udah kenal luar dalam gitu lah.

Keberadaan sahabat bisa jadi seperti keluarga, tempat berbagi kesedihan dan kebahagiaan. Kamu pasti pernah dengar satu kalimat yang mengatakan "temanmu adalah cerminan dirimu". Nggak jarang orang yang ingin tahu lebih dalam tentang kita pasti akan melihat circle pertemanan kita. Karena lingkungan terdekat kita bisa memberi gambaran kepribadian kita.

Aku punya sahabat, kami bersahabat mulai dari SMA sekitar 8 tahun lalu, saat kami belum mengenal lipstik dan teman-temannya, haha. Orang-orang di sekitar kami sering bertanya "Kok bisa awet banget sih? Nggak bosen temennya itu mulu?" jawabannya adalah "nggak". Sebenarnya kami punya banyak perbedaan, walaupun lebih banyak lagi persamaannya haha. Mungkin itulah yang bikin kita awet, perbedaan kita nggak jadi masalah.


Mau aku kasih tahu, gimana cara supaya persahabatan bisa awet?

1. Kenali sahabatmu dengan baik
Kamu harus mengenal sahabatmu dengan baik. Apakah sahabatmu orang yang sensitif atau tidak. Kalau sahabatmu termasuk orang yang sensitif, kamu harus hati-hati nih kalo lagi bercanda. Tapi, kalau sahabatmu adalah orang yang humoris, pasti dia bakal seneng banget kalau kamu bikin joke-joke yang siap bikin kalian ngakak bareng. Poin ini penting banget menurutku tapi sering diabaikan. Semaik kamu tau karakter sahabatmu, semakin besar peluang untuk menghindari konflik. Nah kalau nggak ada konflik kan pertemanan kamu bakal awet. Kalaupun ada konflik, kalian pasti akan mudah menghadapinya, karena kalian sudah mengerti karakter satu sama lain.


2. Saling mengingatkan dan peduli satu sama lain
Sahabat bukan hanya ada saat senang maupun sedih. Dia akan membantumu untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi. Saat kamu mengalami suatu masalah, mereka akan membantumu untuk introspeksi diri dan mengingatkanku kalau kamu memang salah dan hal tersebut perlu diperbaiki. Sahabat kaya gini nih yang disebut sahabat idaman.


3.Cobalah Untuk Jadi Pendengar Yang Baik
Sahabat yang baik akan ada saat kamu sedih atau senang. Saat sahabatmu sedih, mereka akan datang kepadamu untuk menceritakan semua masalahnya. Kamu hanya perlu menyiapkan telinga dan jadi "pendengar yang baik". Dengarkan ceritanya dengan sepenuh hati jika memang dia butuh masukan, berikan kalimat yang menenangkan dan sebisa mungkin berikan solusi tanpa menghakimi.

4. Jangan Egois
Dalam sebuah persahabatan pasti akan ada yang namanya salah paham. Mungkin saat kamu bercanda secara tidak sadar telah menyinggung hati sahabatmu. Walaupun menurutmu masalah sepele, bisa saja waktu itu sahabatmu sedang sensitif. Nggak ada salahnya kamu minta maaf, jangan saling mengutamakan ego karena hal itu bisa memperburuk suasana.

5. Menjaga komunikasi
Komunikasi adalah  hal penting dari semua hubungan. Jangan sampai kamu dan sahabat-sahabat kamu lost contact karena itu bisa membuat kalian jadi semakin menjauh. Saat sudah lulus sekolah, kami berpisah karena harus kuliah. Otomatis waktu untuk bertemu sangat minim. Untuk tetap menjaga komunikasi, kami membuat grup supaya memudahkan kami untuk bertukar kabar. Selain itu harus ada anggota yang siap meramaikan grup dengan topik yang asik, supaya grupnya nggak sepi dan tetap bisa selalu ngobrol.
Setiap ada hari libur kami pasti membuat rencana untuk bertemu, sekedar untuk berkpul dan bercerita. Walaupun sering tidak full team karena kesibukan masing-masing yang nggak bisa ditinggal.

6. Sempatkan Waktu Berkumpul
Ada saatnya kita jenuh dengan kegiatan kita sehari-hari entah itu kuliah atau yang lainnya. Obat dari jenuhnya kita adalah bertemu dan bercerita dengan sahabat kita. Kalau aku dan sahabat-sahabatku, karena kami nggak ada di satu kota yang sama setiap hari libur kami pasti rencanakan untuk bertemu. Kami selalu sempatkan untuk sekedar ngobrol atau makan yang penting ketemu, hehe. Setiap pertemuan pasti kami punya foto untuk kenang-kenangan dan bahan upload di sosial media (biasa lah anak muda). Sampai suatu saat kami merencanakan untuk foto dengan dresscode dan kamera yang lebih bagus (foto serius gitulah).




Tampil kompak dengan outfit yang senada membuat foto terlihat lebih manis, kan? Kami memilih warna netral supaya penampilan kami tidak terlalu mencolok dan terkesan berlebihan. Setelah warna baju yang sama, kami juga memakai model yang sesuai dengan karakter dan badan kami masing-masing.
Baca juga :
1. 5 Ide Mix and Match Outfit Hijab dengan Sneaker
2. Inspirasi Outfit Hijab ke Kampus, Tampil Modis dan Percaya Diri

Ngomongin soal Outfit aku punya rekomendasi buat kalian.  Ro.Na brand fashion sahabat muslimah yang punya banyak koleksi keren dan anak muda banget.  Koleksi Ro.Na ini lebih bermain di color block dengan warna-warna yang elegan. Kamu bisa ajak sahabatmu buat kembaran outfit dengan koleksi Ro.Na.

Atasan dari Ro.Na

Dress dari Ro.Na

Nggak cuma atasan, Ro.Na juga punya banyak koleksi seperti long pants, dress, hijab dan masih banyak lagi. Kalau kamu penasaran sama koleksi dari Ro.Na, kamu bisa cek di instagramnya @sahabatrona atau websitenya https://www.rona.co.id/ . Untuk kamu yang tinggal di Solo dan sekitarnya, kalian bisa mampir ke gerai Ro.Na di samping Hotel Aston Solo.





You May Also Like

3 komentar

  1. Oohh kalau anak muda gt ya. Kudu foto bareng. Kalau angkatan tua kayak aku tuh suka lupa mo pepotoan. Sibuk rumpiiii aja. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang senior kan lebih banyak ngomongin tentang kehidupan rumah tangga mbaak hahaha

      Hapus
  2. Betul sekali, menjaga persahabatan adalah kunci utama supaya tetap tersambung silahturahmi apalagi dengan sahabat kampung yang sudah lama dibangun sejak kecil saya selalu meluangkan waktu seminggu sekali berkumpul dengan sahabat2 dikampung ketika acara bersih2 masjid.

    Suasana cair, saling bertukar pikiran guna meningkatkan skills kehidupan ternya membuat lengket persahabatan :))

    Tulisan yang sangat bagus Elia, bikin kagum :)

    BalasHapus