Self-Love: Apa dan Bagaimana Cara Memulainya?

by - Januari 19, 2020

If you want to love others, i think you should love yourself first. -Kim Namjoon
Ya, segitu pentingnya mencintai dirimu sendiri. Self love bukan berarti kita bersifat narsistik ya, self love atau mencintai diri sendiri adalah saat kita mampu menghargai diri kita sendiri, mencintai apa yang ada di dalam diri kita termasuk menerima kelebihan tanpa tinggi hati dan menerima kekurangan tanpa ditutupi. Mungkin banyak yang merasa "duh namanya kekurangan ya baiknya dututupi aja, oranglain nggak perlu tahu" gini loh, kalau kita aja bisa santai dengan kekurangan yang kita miliki, oranglain pun bakal ngikutin kok. Karena wajar setiap manusia pasti punya kekurangan, tinggal gimana kita menyikapinya aja. It's ok to be not perfect. Kalau kita aja belum bisa menerima diri sendiri, gimana kita mau menerima orang lain. Iya, kan?

Kenapa sih kita harus mencintai diri sendiri?
Self love dapat menjadi antibodi seseorang agar tidak mudah putus asa atau bahkan depresi. -Betari Aisyah S.Psi
Dengan mencintai diri sendiri, kita jadi tahu caranya bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Kita nggak akan sempat untuk memikirkan masalah orang lain, dan nggak sempat untuk membandingkan diri kita dengan orang lain. Sehingga kita punya lebih banyak waktu untuk mengurus diri kita untuk jadi lebih baik lagi.

Bagaimana caranya untuk mulai mencintai diri sendiri?
1. Lakukan Afirmasi Positif
Pict by: Pinterest
Afirmasi bekerja untuk membantu meningkatkan harga diri. Contoh afirmasi yang biasa aku lakukan adalah  "Kamu istimewa dengan apa yang ada dalam dirimu. Nggak perlu berpura-pura jadi orang lain untuk disukai banyak orang. Jadi diri sendiri, jangan malu untuk menunjukkan siapa kamu sebenarnya. Kamu hanya perlu terus berusaha jadi lebih baik lagi kedepannya". Berikan pujian dan kata-kata positif setiap kamu akan memulai hari. Supaya hari-harimu akan jadi hari yang positif.

2. Hindari Pertemanan Tidak Sehat
Pict by: Pinterest

Kalau kamu merasa saat ini orang-orang di sekitarmu kurang mendukungmu, maka tinggalkanlah. Mereka hanya akan jadi toxic yang akan menjatuhkanmu. Mulailah cari teman yang mendukungmu, karena teman yang baik akan memotivasimu untuk melakukan hal baik bukan sebaliknya. Kalau kata BTS "You can't stop me loving myself" haha.

3. Memaafkan Diri Sendiri
Pict by: Pinterest

Nggak kenapa-kenapa kok kalau kamu melakukan kesalahan hari ini. Yang terpenting besok kamu harus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Wajar setiap orang melakukan kesalahan, tapi setelah itu harus ada perubahan yang dilakukan dengan mencoba memaafkan diri sendiri dan berusaha untuk tidak mengulanginya.

4. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Pict by: Pinterest

Mungkin saat ini kamu sedang berada dalam posisi sulit yang menyebabkan kamu merasa kurang dibanding teman-temanmu yang lain. Kamu merasa kurang beruntung, merasa orang paling bodoh atau lainnya. Tapi ingatlah hal ini, setiap orang punya keunikannya sendiri. Bisa jadi kamu punya sesuatu yang orang lain nggak punya. Jadi mulai sekarang, berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, karena hal itu hanya akan membuatmu fokus pada hal negatif. Padahal nih ya, ada banyak hal positif yang kamu punya yang harus lebih dipikirkan dan lakukan. Sayang banget kan kalau kamu hanya buang-buang waktu untuk memikirkan dan merenungi kekuranganmu.

5. Menerima Kekurangan Yang Ada Pada Diri
Pict by: Pinterest

Menerima kelebihan diri sendiri pasti setiap orang mudah melakukannya. Kalau menerima kekurangan? Hmm aku yakin cukup sulit ya. Tapi percayalah, tidak ada manusia yang sempurna. Semua pasti punya kekurangan, tugas kita adalah menerima kekurangan tersebut tanpa perlu menutupinya dan berusaha menjadi lebih baik dengan kekurangan itu. Self love is self acceptance, artinya kalau kamu sudah bisa menerima kekuranganmu kamu sudah berhasil mencintai dirimu sendiri.

6. Kembangkan Potensi Diri
Pict by: Pinterest

Lakukanlah hal positif yang kamu sukai karena hal tersebut akan memunculkan versi terbaik dari dirimu. Kamu suka melukis, maka melukiskan. Kamu suka travelling, ambil bacpackmu dan berpetualanglah. Kamu suka menulis, maka menulislah untuk menginspirasi banyak orang lewat tulisanmu.

7. Bersyukur
Pict by: Pinterest

Pastikan selalu bersyukur atas semua pencapaian dalam kehidupanmu. Bersyukurlah karena apa yang kamu capai belum tentu dirasakan oleh orang lain. Bersyukur juga kalau kamu sedang diuji, karena itu tandanya kamu sedang dipersiapkan untuk ada di level lebih tinggi.

Pada akhirnya saat kita sudah nyaman diri sendiri, orang sekitarmu pun akan merasakan hal yang sama. Karena mereka merasakan energi positif yang ada dalam diri kita. Sudah siap untuk mulai mencintai diri kita?
Good Luck~

You May Also Like

2 komentar