Perjalanan Menuju Kubur, Tak Pernah Libur !

by - Oktober 09, 2018


Katakanlah : “ sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui  kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah) , yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang kamu kerjakan”. (Surah Al-Jumuah ayat 8)


Pict by Pinterest

Kematian adalah sesuatu yang kedatanganya adalah suatu kepastian bagi setiap makhluk yang bernyawa. Kita mau melarikan diri ke pelosok desa, sembunyi ke dasar samudera, berlindung dalam bangunan yang kokoh sekalipun nggak akan membuat kita selamat dari kematian. Dan hari ini, setelah hampir satu bulan magang di Panti Werdha , satu hal yang aku takutkan terjadi. Salah satu nenek kami meninggal. Memang beliau sudah ada di ruang isolasi yang artinya beliau sudah nggak bisa menjalankan aktivitas di luar ruangan. Sebulan ini baru 2 kali aku mengunjungi beliau, bukan apa-apa hanya saja kami mahasiswa magang memang harus keliling dari satu kelompok ke kelompok lain.

Aku ingat pertama kali aku datang ke kamar beliau, saat bersalaman beliau menggenggam tanganku dan menatapku lama sambil mengatakan sesuatu. Sayangnya waktu itu aku nggak tahu apa yang beliau katakan, ya karena memang bicaranya kurang jelas. Tapi, satu kata yang paling aku ingat sampai saat ini adalah ucapan “terimakasih” dari beliau karena kami sudah mengunjungi kamarnya waktu itu. 

Kali kedua aku ke kamar beliau, beliau sedang tidur jadi kami belum sempat ngobrol. Dan sekarang beliau sudah tenang, sudah tidak merasakan sakit lagi. Aku ingat tubuh mungilnya, suara kecilnya, senyum di wajah rentanya. Semoga beliau ditempatkan di sisi terbaik-Nya.

Inti dari tulisan ini, kita nggak tahu kapan nyawa kita diambil. Bisa besok bahkan beberapa menit lagi. Yang paling penting adalah kita harus mempersiapkan kematian kita, caranya? Perbanyak ibadah, perbanyak mengingat yang Kuasa. Entah Allah akan memanggilku di usia tua atau muda, aku harap saat itu aku sedang mengingat-Nya.

You May Also Like

0 komentar